asri

asri

Rabu, 25 Mei 2016

TUGAS PELAYANAN PELANGGAN - PERAN CUSTOMER SERVICE

Nama : ASRI NASRANI NAINGGOLAN                        18 Desember 2015
Nim : 14014001
Tugas : Pelayanan Pelanggan

Sebutkan dan jelaskan (singkat):
1.  Peran CS (2)
Jawab :
1.      Customer Service (CS) membantu perusahan untuk dapat mempertahankan pelanggan mereka. Piihanan yang banyak tersedia membuat pelanggan mudah berpindah ke penyedia lain.
Penyedia customer service sangat strategis dalam menanggulangi migrasi pelanggan. Bagi industri yang memiliki komponen pelayanan benar/ jasa seperti asuransi, bank, dan lain-lain. Pada industri jasa ini, interaksi CS dengan pelanggan memiliki frekuensi dan intensitas yang tinggi, yang membuat resiko ketidakpuasan juga semakin besar.

2.      Customer Service (CS) membantu perusahaan dalam membentuk image yang bik di mata pelanggan. Seorang CS harus mencerminkan nilai-nilai yang ingin ditampilkan oleh perusahaan. Seorang CS tidak hanya dituntut rapid an menarik , seorang CS harus mampu mengkomunikasikan secara non verbal nilai-nilai yang ingin ditanamnkan kepada pelanggan.
Contoh :
Seorang CS pada sebuah bank harus dapat menciptakan perasaan aman bagi seorang nasabah.
Seorang CS pada sebuah suransi harus dapat menciptakan perasaan aman dan bermanfaat bagi seorang nasabah.
Seorang CS pada sebuah perusahaan IT harus terlihat sebagai seorang yang pintar dan menguasai teknologi.

2.  Tips CS (3)
Jawab:
1.      Bad Customer Service :
Customer Service yang selalu membuat pelanggan pergi.
Customer Service dengan ciri-ciri selalu melayani dengan setengah hati, tidak berempati dan tidak melihat pelanggan sebagai asset yang berharga.
2.      Fine Customer Service :
Customer Service pada tingkat ini selalu memberikan pelayanan dalam bentuk standard dan hanya berupaya mencapai titik minimum dari standart pelayanan.
Customer Service ini hanya mampu memberikan kepuasan sesaat pelanggan dan sebenarnya masih memiliki peluang untuk terjadinya eksodus pelanggan.
3.      Caring Customer Service :
Tingkat Customer Service yang terbaik.
Customer Service pada tingkat ini selalu memberikan pelayanan melebihi apa yang diharapkan pelanggan.
Mereka ini adalah Customer service yang berempati kepada pelanggan.
Agar dapat menjadi perusahaan yang berorientasi kepada kepuasaan pelanggan, perusahaan harus memiliki customer service yang berada pada tingkatan tiga atau “Caring Customer Service”
Dalam hal ini , pengetahuan akan produk saja tidak cukup, tetapi mereka perlu memiliki keterampilan “Skill” dan sikap “Attitude” yang positif pula.

3.  Ciri Pelayanan CS yang baik (10)
Jawab:
1.      Sarana Fisik :
-          Karyawan yang baik
Seperti karyawannya ramah, sopan, menarik, cepat tanggap, pandai bicara, menyenagkan, pintar, memikat, mampu mengambil hati, rapih, cepat, cekatan)
-          Sarana / prasarana yang baik
Seperti ruang tunggu dan ruang tamu dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai sehinggan pelanggan merasa nyaman.

2.      Tanggung Jawab :
Mampu melayani setiap pelanggan dari awal hingga selesai.

3.      Responsif :
Customer Service melayani secara cepat dan tepat, sesuai prosedur. Sesuai jadwal dan tidak terjadi kesalahan.

4.      Komunikatif :
Mampu dengan cepat memahami keinginan pelanggan.
Berkomunikasi dengan Bahasa yang jelas dan mudah dimengerti.
Berkomunikasi dengan baik, sehingga semua permaslahan jelas dan pelanggan mau menjelaskan masalahnya.

5.      Keamanan :
Customer Service dapat menjaga kerahasiaan informasi data pelanggan , terutama yang berkaitan dengan uang dn pribadi pelanggan.
Dalam perusahaan asuransi kerahasiaan pelanggan sangat dijunjung tinggi .
Data pelanggan tidak boleh diberikan sembarangan kecuali memang sesuai dengan undang-undang. Menjaga rahsia pelanggan merupakan ukuran kepercayaan pelanggan kepada perusahaan asuransi.

6.      Kecakapan :
Customer service yang khusus langsung melayani pelanggan, harus memiliki kemampuan dan pengetahuan sesuai bidangnya (perusahaan).
Karena tugas Customer Service selalu berhubungan dengan pelanggan, Customer Service harus dididik khusus mengenai kemampuan dan pengetahuan untuk menghadapi pelanggan maupun kemampuan dalam bekerja.

7.      Pemahaman :
Berusaha memahami kebutuhan pelanggan artinya harus cepat tanggap terhadap apa yang di inginkan oleh pelanggan. Usahakan mengerti dan memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan secara tepat.

8.      Kredibilitas :
Kepercayaan pelanggan kepada perusahaan asuransi mutal diperlukan sehingga pelanggan mau menjadi pelanggan yang loyal pada perusahaan. Kepercayaan merupakan ujung tombak perusahaan untuk menjalankan usahanya. Sekali pelayanan yang diberikan sangat memuaskan pelanggan, maka akan menimbulkan kepercayaan kepada pelanggan tersebut.

9.      Keramahan :
Keramahan adalah sikap positif dan perilaku terhormat yang harus ditunjukkan kepada setiap pelanggan. Customer Service dari karyawan perusahaan harus menjalin kerahaan dan keakraban kepada pelanggan merasa senang dan nyaman ketika berhadapan dengan karyawan.

10. Hubungan :
Customer Service dan masing-masing bagian dalam sebuah perusahaan harus memiliki kemudahan akses dalam berkomunikasi dengan pelanggannya. Sehingga apabila pelanggan ingin berkomunikasi langsung dengan bagian tertentu, pelanggan dapat berbicara langsung dengan karyawan yang bersangkutan (ada bagian dari perusahaan asuransi yang tidak boleh diakses langsung).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar